Posted by : Unknown Senin, 21 September 2015

ya pada kesempatan hari ini saya ingin mengpostingkan sebuah Postingan tentang vocaloid sebagai contoh lagu yang saya pasang diblog saya ini beberapa lagu vocaloid yang terkenal dari karakter(artis Vocaloid Terkenal) senengan mimin si Hatsune Miku BTW lagu yang di list blog paling bawah juga termasuk lagu Vocaloid terkenal diindonesia hahahahahahaa, bagi pemula yang bingung apa itu vocaloid? jadi saya terangkan vocaloid adalah Vocaloid adalah suatu teknologi synthesizer vokal yang diproduksi oleh Yamaha Corporation.Seperti halnya synthesizer instrumen musik yang digunakan untuk memproduksi suara alat musik, synthsizer vokal digunakan untuk memproduksi vokal manusia. Dengan kata lain, vocaloid adalah semacam piranti lunak alias software musik yang digunakan untuk memproduksi bagian vokal dalam suatu lagu.

pasti kalian juga kepo tentang sejarah vocaloidkan? so sebelum kita belajar keintinya mari kita baca sejarah vocaloid berikut :
Vocaloid berasal dari kata "vocal" dan "android" adalah perangkat lunak produksi Yamaha Corporation yang menghasilkan suara nyanyian manusia. Komposisi musik dan lirik dimasukkan di layar penyunting sesuai nyanyian dan iringan musik yang diingini. Suara nyanyian diambil dari "pustaka suara" yang berisi sampling rekaman suara dari penyanyi sebenarnya. Lirik lagu dinyanyikan dalam bahasa Inggris atau bahasa Jepang. Yamaha tidak menjual Vocaloid secara terpisah, melainkan dibundel dengan pustaka suara produksi perusahaan pustaka suara yang mendapat lisensi Yamaha.

Perangkat lunak ini pertama kali dirilis Yamaha pada 26 Februari 2003. Teknik yang dipakai adalah Penyambung dan Pembentuk Artikulasi Nyanyian dengan Domain Frekuensi (Frequency-Domain Singing Articulation Splicing and Shaping). Sampling rekaman suara penyanyi profesional diolah dengan metode domain frekuensi. Hasilnya dimasukkan ke dalam basis data "artikulasi nyanyian" yang berisi potongan suara dan teknik bernyanyi

Secara singkat vocaloid adalah sebuah software yang membuat sebuah lagu dan nyanyian tanpa perlu seorang vokalis (suara asli manusia) jadi kita hanya perlu memasukkan lirik lagu kita ke dalam software tersebut.

Salah satu contoh sederhana teknologi vocaloid dapat ditemukan di komputer kok, yaitu pada . Coba buka fitur Speech dari Control Panel. Di sana ada pilihan Text to Speech. Fitur ini sebenarnya dibuat untuk membantu pengguna Windows yang memiliki cacat visual seperti para tuna netra yang kesulitan melihat atau orang-orang yang memiliki hipermetropi (rabun dekat) yang parah. Selain Microsoft Sam, Windows juga punya versi lainnya seperti Microsoft Mike dan Microsoft Mary, Lernout Hauspie Michael dan Michelle, serta Microsoft Lili untuk spesialisasi Windows versi Cina (Vista dan seterusnya). Mulai dari Windows Vista, diperkenalkanlah Microsoft Anna yang menggantikan Sam sebagai suara text-to-speech.

Akan tetapi, vocaloid yang saya obrolkan di sini bukan si Microsoft Sam yang suaranya kaku seperti robot itu. Yang ingin saya ekspos di sini adalah vocaloid bersuara indah yang bisa menyanyikan berbagai lagu dengan merdu.

Proyek vocaloid ini sebenarnya berkembang sudah sejak lama. Pada Januari 2004 ZeroG telah merilis produk vocaloid pertama mereka, Leon dan Lola, yang dispesialisasikan untuk musik aliran soul. Leon dan Lola pertama kali muncul di acara NAMM Show 15 Januari 2004. Juli 2004, ZeroG merilis lagi vocaloid-nya yang berjudul .. eh, bernama .. Miriam.

Pada 29 Juni 2007 muncullah engine vocaloid 2 yang dirilis dari PowerFX. Kemudian, bermunculanlah vocaloid-vocaloid lain seperti Hatsune Miku dari Crypton dan Prima dari ZeroG. Vocaloid generasi kedua inilah yang sampai saat ini masih sering dipakai sebagai vokalis oleh berbagai artis dan musisi.

Setiap vocaloid memiliki spesialisasi musik dan bahasa. Hatsune Miku, Kagamine Rin, dan Kagamine Len dispesialisasi untuk digunakan dalam lagu-lagu yang liriknya berbahasa Jepang. Sweet Ann dari PowerFX dan Sonika dari ZeroG dispesialisasi untuk lirik berbahasa Inggris. Dari vocaloid generasi pertama, Leon, Lola, dan Miriam dari ZeroG adalah vocaloid berbahasa Inggris sementara untuk yang berbahasa Jepang adalah Meiko dan Kato yang diproduksi oleh Crypton.

Berbagai perbaikan dan pemantapan terus dilaksanakan untuk menyempurnakan suara dari para vocaloid. Misalnya, untuk permasalahan kompatibilitas bahasa Crypton memperkenalkan vocaloid terbarunya, Megurine Luka yang bilingual; bisa digunakan untuk dua bahasa. Kemudian 30 April 2010, dirilislah Hatsune Miku Append yang memiliki 6 pilihan suara.

Penasaran seperti apa vokal Hatsune Miku? Supercell, salah satu band doujin music Jepang sering menggunakan Hatsune Miku sebagai vokalis lagu-lagunya. Misalnya, lagu yang berjudul MELT berikut ini.

dan berikut nama - nama para karakter vocaloid :
- Gakupo , imagenya adalah samurai pembawa katana , suara cukup berat , chara cowok dewasa. dubber Gakupo adalah Kamui Gakuto aka Gackt

- Megurine Luka , image cewek dewasa dengan keahlian bisa menyanyikan dua lagu versi inggris dan jepun

- Len Kagamine , image dan suara kearah bocah cowok

- Hatsune Miku , image chara cewek remaja dan bersuara layaknya cewek remaja, chara vocaloid2 yang dikeluarkan Yamaha pertama kali

- Rin Kagamine , selalu dipasangkan dengan Len Kagamine , image dan suara kearah bocah cewek

- Meiko , image dan suara cewek dewasa

- Kaito , image dan suara cowok dewasa [setipe dengan suara Gakupo namun lebih rendah]

dan ini dia 3 voicebank vocaloid yang sangat tenar sampai sekarang :

  ** Hatsune Miku  **

Biodata

Age :16

Birthday : August 31

Gender : Female

Height : 158cm

Weight : 42Kg

Song Genre : Pop idol, pop dance

Hatsune Miku adalah sebuah penyanyi idola yang di ilustrasikan oleh KEI Garou yang awalnya di peruntukkan untuk mengenalkan sebuah software yang bernama Vocaloid

Hatsune Miku adalah salah satu produk perangkat lunak untuk menghasilkan suara nyanyian manusia yang dikeluarkan pada 31 Agustus 2007 oleh salah satu anak perusahaan Yamaha Corporation, Crypton Future Media. Nama Hatsune Miku sendiri berasal dari bahasa jepang yang berarti Pertama (hatsu) Suara, (ne) Masa Depan (Miku). Hatsune Miku secara harafiah berarti Suara Pertama Dari Masa Depan. Suara Miku sendiri diambil dari contoh suara Saki Fujita, seorang pengisi suara dari Jepang.

Hatsune Miku adalah Vocaloid generasi kedua yang paling populer di seluruh dunia. Pada 30 April 2010, sebuah versi update dari Miku yang disebut Hatsune Miku Append dirilis, berisi 6 macam model suara dari Miku: Soft(lembut), Sweet(kekanakan), Dark(dewasa), Vivid(bersemangat), Solid(tinggi), dan Light(polos). Ini merupakan pertama kalinya Vocaloid memiliki rilis update untuk perangkat lunaknya.

  ** Kagamine Rin dan Len **


Biodata

Age :14

Gender : Female (Rin)/Male (Len)

Height : 152cm (Rin)/ 156cm (Len)

Weight : 43kg (Rin)/47kg (Len)

Character Item : Roadroller and mikan (Rin)/ Roadroller and banana (Len)

Kagamine Rin dan Len adalah vocaloid generasi kedua yang di rilis setelah Hatsune Miku oleh Crypton Desain yang unik dengan 2 anak kembar identik dan dengan suara yang khas seperti anak kecil, desain character ini cukup unik dengan Kagamine Rin sebagai perempuan yang egois dan manja , dan Kagamine Len yang sayang dengan kembarannya namun sangat terkesan Shota (Anak laki2 seperti kecewekan) , banyak lagu-lagu kolaborasi mereka dan sangat populer dalam penggemar Vocaloid. Kagamine rin & len diambil dari kata kagami = kaca , ne = suara , rin = kiri , len = kanan

** Megurine Luka **

Biodata

Age : 20

Gender : Female

Height : 162cm

Weight : 45kg

Character Item : Frozen tuna

Voice provider : Yk Asakawa

Genre : Dance, Electronica

Megurine Luka vocaloid Vocaloid generasi 2 yang dirilis ke 3 setelah Miku dan Kagamine Rin dan Len oleh Crypton. Dia adalah Vocaloid yang paling enak didengarkan jika menggunakan lagu Berbahasa Inggris dan dia adalah Character Vocaloid paling dewasa. Suaranya yang Dewasa dan kesan yang seksi membuat para fans lebih suka memakai Voicenya untuk lagu dengan nada Berbahasa Inggris. dan suara dia paling bagus untuk musik jenis Jazz.

so karena sejarahnya panjang langsung aja ke intinya yang ingin belajar vocaloid berikut saya kasi link download tutorial, voice bank para karakter voicebank dan link download aplikasi vocaloid versi 2 dan 3 serah mau pake yang mana kalo mimin pakainya yang versi 3 so link ada di bawah ini :

Tutorial Vocaloid http://adf.ly/1OgZBx
Voicebank para karakter Vocaloid 3 http://adf.ly/1OgfL3
Vocaloid 3 http://adf.ly/1OgfW2
Vocaloid 2 http://adf.ly/XPUBg
Crack Vocaloid 2 http://adf.ly/1OgfoV
Patch English Vocaloid 2 http://www.indowebster.com/Vocaloid_2_English_Patch.html

 Sekian yang bisa mimin sampekan semoga menambah wawasan para penjelajah blogger Salam Vocaloidterz.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © GarudaWalker Blogzz - Hatsune Miku - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -